Maros, Kantor Kementerian Agama. – Guru IPA MTsN 2 Maros Nurcaya S.Pd lulus dalam seleksi penyusun Asesmen Kompentensi Siswa Indonesia (AKSI-Madrasah) pada kategori literasi sains jenjang MTs. Kepastian kelulusan itu berdasarkan surat keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor B-393/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/2/2021. Kamis,18/02/2021

Peserta seleksi AKSI-Madrasah yang lulus hingga tahapan akhir didominasi oleh guru dari pulau Jawa. Pada bidang Literasi Sains tingkat MTs, dari pulau Sulawesi diwakili oleh Nurcaya sendiri

Seleksi AKSI-Madrasah terdiri dari tiga tahapan. Tahap I pada tanggal 5 hingga 14 Januari 2021 dengan format tes mengunggah soal AKSI sesuai petunjuk teknis yang ditentukan. Seleksi tahap II adalah tes psikologi dengan CBT (Computer Based Test) yang dilaksanakan pada Rabu (3/2/2021) dan Tahapan III tes wawancara pada hari Jumat lalu melalui aplikasi zoom meeting .

Menurut Bu Caya, sapaan akrabnya, bahwa pada setiap tahapan seleksi masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda. Berkat doa dan usaha serta dukungan dari keluaraga, Alhamdulillah bisa lulus dalam seleksi Aksi tahun ini.

“setiap tahap dalam seleksi punya kesulitan tersendiri, tahap I kesulitannya harus membuat soal 3 butir dengan level kognitif berbeda dan harus mengambil sumber dari jurnal ilmiah. Tes tahap II kesulitannya harus menyelesaikn soal 80 butir dalam waktu 1 jam, Alhamdulillah bisa terselesaikan dengan sisa waktu 12 menit, tes terakhir wawancara. Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti karena hanya bincang santai dengan pewawancaranya”, tuturnya.

Lebih lanjut Bu Caya berharap Ia bisa berkontribusi dalam bentuk pengabdian pada perkembangan pendidikan siswa di Kementerian Agama. Dirinya selama ini menjadi penulis soal ujian nasional di PUSPENDIK KEMDIKBUD. Lolos di AKSI KEMENAG rasanya sangat spesial.

Kepala MTsN 2 Maros Abbas Dg. Manambung bersyukur atas prestasi membanggakan yang di torehkan Nurcaya. “Alhamdulillah, lulus seleksi tingkat Nasional adalah suatu hal yang sangat membanggakan bagi kita semua, Provinsi Sulsel pada umumnya dan terkhusus MTsN 2 Maros” Ujar Abbas Dg Manbung

Selanjutnya peserta yang lulus dalam seleksi tahap akhir diwajibkam mengikuti serangkaian orientasi, BIMTEK, dan Penyusunan instrument AKSI-Madrasah. (hrsm/mtsn2)

By Ulya

3 thoughts on “Harumkan Madrasah Sulsel, Guru MTsN 2 Maros Lulus Seleksi AKSI-MADRASAH 2021”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.