Maros, Kantor Kementerian Agama. – Bimas Islam Kemenag Maros di Dusun Cindakko, Desa Bonto Somba Kec. Tompobulu melaksanakan pengukuran arah kiblat masjid Rahmatan Lil Alamin, Rabu (07/10/20). Pengkuran arah kiblat masjid ini bagian dari rangkaian pembinaan Bimas Islam Kemenag Maros bagi warga pelosok di dusun Cindakko, Desa Bonto Somba Kec. Tompobulu. Pembinaan dijadwalkan dua hari dengan melibatkan penyuluh agama dan Kepala KUA.

Imam mesjid Rahmatan Lil Alamin Ust. Indar, menjelaskan, Mesjid yang dibangun pada 2003 silam ini memiliki luas bangunan 6×7 M2 di atas lahan seluas 10×15 M2. Lahan ini merupakan tanah hibah dari seorang tokoh masyarakat.

Salah satu layanan tepat guna Seksi Bimas Islam Kemenag Maros adalah memberikan layanan pengukuran arah kiblat secara gratis. Dengan pengukuran arah kiblat ini diharapkan arah kiblat masjid bisa tepat untuk menjadi acuan bagi masyarakat. Layanan pengukuran arah kiblat ini berlaku bagi masjid yang sudah berdiri maupun yang baru dibangun.

Kasi Bimas Islam H. Hasanuddin, S.HI menjelaskan, salah satu syarat sahnya shalat adalah menghadap ke kiblat, yakni ke Masjidil Haram. Karena itu menurut Hasanuddin, arah kiblat masjid perlu diukur ulang untuk memastikan arah kibat sudah tepat dan ini merupakan tugas dari Bimas Islam. “Tugas kita adalah memberikan layanan terbaik, mengukur arah kiblat setiap mesjid yang ada di wilayah kabupaten Maros”, jelasnya.

Turut mnyaksikan saat proses pengukuran berlangsung adalah Kepala dusun Cindakko dan beberapa warga. Berita acara ditandatangani setelah pengukuran selesai dilakukan. Warga Cindakko menyambut baik kegiatan Bimas Islam ini dan berharap agar penyuluh bisa mengunjungi secara rutin (sms/hms)

By Ulya

2 thoughts on “Bina Warga Cindakko, Bimas Islam Kemenag Maros Ukur Arah Kiblat Masjid”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.